Rabu, 15 Oktober 2008

Limewire Itu Apa Sih?

saya bukannya tidak menghargai hak cipta. saya menulis untuk tujuan edukasi. saya sendiri punya band dan lagu ciptaan dalam format mp3. saya tau bagaimana rasanya dibajak. pernah software saya disebarluaskan tanpa ijin saya. sakit hati memang, tapi itulah Indonesia. kita tidak bisa teriak - teriakkan HAK CIPTA ketika kita sendiri masih melanggar hal tersebut. jujurlah pada diri anda sendiri.


LIMEWIRE adalah software yang memungkinkan anda mencari lagu, video, gambar, ataupun software yang menggunakan sistem peer to peer (p2p). Peer to Peer adalah skema yang memungkinkan anda menjadi sebuah CLIENT maupun SERVER secara bersamaan. Maksudnya? bayangkan anda memiliki lagu Radja yang berjudul Tulus di folder anda. Ketika anda mengshare folder tersebut dilimewire, maka mulai saat itu juga seluruh pengguna LIMEWIRE bisa mendapatkan lagu tersebut langsung dari komputer anda. Saat inilah posisi anda sebagai SERVER dan user yang request lagu tadi diposisikan sebagai CLIENT. Hal sebaliknya pula berlaku ketika anda mendownload lagu dari LIMEWIRE.

Jadi, LIMEWARE mendapatkan sumber daya lagu, video, gambar, ataupun software tadi dari jutaan usernya yang aktif menshare folder mereka. Maka sekarang harusnya jelas mengapa kadang susah mendapatkan lagu dari artis dalam negeri daripada artis luar negeri di LIMEWIRE. Karena mayoritas orang Indonesia jarang ikut menshare folder mereka yang notabene berisi lagu lagu dalam negeri. Karena kebanyakan kita hanya menggunakan LIMEWIRE untuk mencari lagu, tetapi tidak mau ikut membantu user lain mendapatkan lagu. Hohoho..sebenernya gak selalu gak mau sih, lebih tepatnya lagi, GAK TAU CARA UNTUK MENSHARE folder mereka. Ada ada aja dahh Indonesia...

Udah ah, gak mau panjang lebar cerita tentang LIMEWIRE. Mendingan sekarang saatnya kalian mencicipi sendiri program tersebut.

silahkan download LIMEWIRE (saat post ini ditulis masih edisi 4.18) dari link berikut :
http://www.download.com/LimeWire/3000-2166_4-10051892.html

Tidak ada komentar: