Rabu, 15 Oktober 2008

MAWAR-AV, sebuah proyek terbengkalai?

ada banyak pertanyaan sehubungan dengan kelanjutan MAWAR-AV, baik edisi 2.0.87 maupun
edisi REBORN.

MAWARNYA UDAH DI-UPDATE BLON DO? hehehe, simpel aja saya langsung jawab : BELOM.



saya tau, sebenernya sayang kalau proyek sosial ini gak dilanjutin. padahal MAWAR-AV sempet masuk majalah dan udah dapet dua sertifikat dari softpedia dan download.com

alasan saya gak ngelanjutin ialah kurangnya SDM untuk membangun MAWAR-AV ini. bayangin aja, saya mesti kejar coding MAWAR-AV sendirian, berikut pula untuk mengupdate database virusnya. weeew. kalau kalian tahu, saya pernah punya pengalaman gak enak sewaktu membangun antivirus tadi.

pernah saya kehilangan seluruh kode dari MAWAR-AV 2.0.87 sehingga memaksakan saya untuk mengkodekannya dari NOL lagi. untung mood lagi bagus dan hasilnyapun memuaskan saya pribadi : MAWAR-AV REBORN, yang tampil dengan GUI menarik serta kemampuan yang sudah dikembangkan lebih jauh.



tapi sayang seribu sayang, lagi lagi nasib MAWAR-AV terhambat masalah. IRONIS, MAWAR-AV yang notabene sebuah proyek sosial dari saya terhambat karena sebuah masalah sepele: benih virus.

BENIH VIRUS? yap, maksud saya disini ialah contoh virus yang berkeliaran di masyarakat. yang beredar di warnet - warnet, di rental - rental, dan di pc - pc para mahasiswa. saya seringkali harus meminta sendiri sample virus ke mereka untuk diteliti dan dimasukkan kedalam database MAWAR-AV.

kebayang betapa repotnya kan, apalagi jarang yang mau mengirimkan sample virus via email ke saya. jadi saya sendirilah yang mesti mendatangi mereka dan memintanya. inilah mengapa MAWAR-AV menurut saya sangat update di jatinangor, tapi tidak untuk didaerah lain. karena ketika satu virus menyebar di jatinangor, saya bisa pastikan kalau MAWAR-AV cepat tanggap. tapi kalo ada virus baru menyebar di daerah lain, saya akan kesulitan mendapatkan samplenya dan akhirnya MAWAR-AV pun terkorban karena kurang update.

Belum lagi pernah satu ketika saya minta sample virus di sebuah rental komputer di jatinangor. Sang operator malah balik meminta bayaran kepada saya untuk setiap sample virus yang dia berikan. WAW! saya cuma bisa ketawa. Bayangin aja, saya ngerjain proyek ini untuk sosial, tapi ironisnya saya malah diminta bayaran untuk setiap sample virus yang saya dapatkan. Hahahaha

Itu kenangan paling pahit yang saya selalu ingat dan menjadi doktrin saya bahwa, buat apa cape - cape mengerjakan antivirus untuk orang, toh mereka juga gak ngerhargain kita. cuma bisa pake dan sebar, tanpa terimakasih.

ckckck...Indonesia..Indonesia...

untuk yg penasaran :

webnya:
http://mawar-av.blogspot.com

link download,

MAWAR-AV 2.0.87:
download.com :
http://linkdonlot.co.cc/mawar2087

softpedia.com :
http://www.softpedia.com/get/Antivirus/mawar-av.shtml

MAWAR-AV REBORN :
rapidshare :
http://linkdonlot.co.cc/mawaravreborn

6 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah Bagus tuh idenya bikin antivirus,apalagi sdh masuk majalah, khan sayang ga dilanjutkan,saya mau memasarkannya, sdh punya websitenya belum antivirusnya? kalau belum saya kira Anda harus memasarkan lewat website.

джб mengatakan...

udah ada mas, silahkan cek posting saya dibagian paling bawahnya (baru diedit)

wah, sayangnya gak diupdate lagi, gak ada temennya saya =(


hiks...

Anonim mengatakan...

sayang banget gak kelar...

джб mengatakan...

kelar sih kelar..
tapi databasenya jarang diupdate lagi, gw sendiri gak sempet lagi buat nyari sample virus. gak ada yg bantu pula, jadinya..gitu deh

wkwkwk

Anonim mengatakan...

boleh minta source code mawar reborn nya ga bro? gw sendiri pake mawar reborn udah mayan lama and aga repot update manual tiap ada nemu worm baru. tadi siang baru dapet koleksi pirus dari temen. maksud hati sih mao dimasukin ke mawar.def. tapi berhubung jumlah file pirusnya mencapai angka 6ribuan, kayanya musti bikin program kecil buat scan tiap file and masukin MD5 hash nya ke mawar.def secara rekursif. kalo manual satu2 ya gempor juga bro... enaknya sih kalo boleh dikasih source nya mawar-reborn. mungkin ntar bisa gw tambahin fitur batch update dari koleksi virus. tapi ya only if you don't mind of course...
kalo emang dibolehin, boleh kontek gw via yahoo messenger
id YM gw : arachnophobians

thanks bro and mawar-reborn rocks!

jojo mengatakan...

menelusuri rtikel kamu buat aku bertanya tanya sapa kamu? sepertinya hebat!. Totalitas,integritas,dan jiwa sosial yang luar biasa. senang bisakenalkamu.