Sabtu, 16 Mei 2009

Tutorial Membuat Web Proxy di Hostingan Sendiri

Apakah anda tidak bisa membuka Myspace?
Facebook? Friendster? Atau BB17.INFO ? *ups*

Seperti yang kita ketahui bahwa banyak situs - situs yang diblokir oleh ISP atau pemerintah karena kontennya yang dianggap berbahaya, atau berbau pornografi. Namun selain itu, beberapa rekan juga mengalami pemblokiran website oleh ADMIN kantornya karena peraturan yang berlaku.

Sekarang kita akan belajar membuat sebuah WEB PROXY, sebuah web yang bisa membypass pemblokiran web -web tadi. Jadi dengan WEB PROXY, seluruh request web anda akan di wakilkan oleh si WEB PROXY tadi. Untuk lebih mudahnya saya coba buatkan alur sederhana seperti ini :

PC ANDA -> WEB TUJUAN

Ini adalah alur yang biasanya anda gunakan untuk membuka web tersebut. Dimana anda langsung mengetikkan alamat web tujuan di browser anda. Namun jika web tujuan diblokir, maka anda harus membypassnya menjadi seperti ini :

PC ANDA -> WEB PROXY -> WEB TUJUAN

Sehingga sistem yang memblokir website anda akan terkecoh karena sistem tidak akan mendeteksi kalau anda ternyata sedang membuka WEB TUJUAN. Mengapa? Karena alamat yang anda buka di browser adalah alamat dari WEB PROXY, yang seharusnya tidak ikut di BLOKIR.

Jadi di WEB PROXY ini anda bisa browsing tanpa perlu lagi takut terkena blokir.

Sekarang mari kita coba membuat sebuah WEB PROXY di server hostingan (baik gratisan maupun berbayar).

WEB PROXY yang saya pilih adalah GLYPE PROXY. Selain mudah diinstall, GLYPE PROXY juga sangat mudah di edit maupun di customize. Sehingga tidak akan terlalu memusingkan anda untuk menginstallnya.

Pertama downloadlah dahulu GLYPE PROXY di alamat berikut ini :
http://downloadwho.com/file/05b88d

Setelah didownload, extraclah file glype-1.4-11.zip ke harddisk anda terlebih dahulu.
Proses extrac akan menghasilkan sebuah direktory bernama Glype-1.1 dengan beberapa subdirektori didalamnya.

Dari dalam Subdirektori Extras, terdapat file admin.php. Copylah file tersebut dan masukkan kedalam direktori Upload.

Lalu, sekarang uploadlah direktori UPLOAD ke dalam server hostingan anda. Dan jangan lupa rename direktori UPLOAD dengan nama apapun yang lebih mudah diingat, misalnya : WEBPROXY.

Setelah proses upload berhasil, coba untuk membuka WEB PROXY tersebut di server anda.
Misalnya saya menginsall di direktori WEBPROXY, server WENEEDSECURE.ORG -maka saya mengetesnya di
http://www.weneedsecure.org/webproxy

Jika halaman GLYPE PROXY sudah muncul, ini berarti proses install telah berhasil. Dan sekarang perlu sedikit lagi customisasi.

Sebelumnya, setelah FILE PERMISSION di subdirektori INCLUDES/SETTINGS.PHP menjadi 777. Selain itu, juga ubah PERMISSION di subdirektori TMP.

Sekarang, coba buka admin.php di root GYLPE DIRECTORY ANDA, misalnya : /webproxy/admin.php
Seharusnya sebuah halaman login akan muncul sekarang. Masukkan username admin dan passwordnya terserah anda. INGAT, SIMPANLAH DATA LOGIN ANDA INI.

Setelah masuk ke dalam Admin Area, anda bisa mencustomnya lebih jauh disini. Seperti Footer untuk WEB PROXY anda, atau mengatur CACHE dan LOGSnya. Bahkan anda pun bisa mengganti themes WEB PROXY anda dengan themes yang banyak bertebaran di Internet. Silahkan googling dengan keyword GYLPE PROXY THEMES.

Setelah semua proses customisasi selesai anda sudah bisa mencoba WEB PROXY anda. Coba sekarang buka /webproxy dan ketiklah WWW.CMYIP.COM dan lihat apakah IP ADDRESS anda sudah berubah sekarang.

Jika sudah, maka seluruh konfigurasi telah bekerja dengan baik. Dan silahkan membypass web - web yang diblokir.

Untuk contoh silahkan kunjungi :

http://www.weneedsecure.org/webproxy



Salam,
Judotens M.B