Selasa, 14 Juli 2009

Manfaatkan Teknologi QR Code di Blog Anda

Jika anda sering membaca Harian Kompas pasti belakangan ini sadar atas kehadiran gambar semacam barcode di setiap artikel di halaman depan.

Apakah anda pernah mencoba mencari tahu kode apakah itu? Apakah anda pernah mendengar tentang QRCode sebelumnya? Lalu gambar macam apakah itu? Dan apa gunanya buat kehidupan kita sehari - hari?

Mari kita kupas lebih jauh tentang QR Code ini


QR Code adalah kode matriks (atau bar code 2D) yang dibuat oleh perusahaan Jepang Denso-Wave pada tahun 1994. QR sendiri berarti berasal dari "Quick Response", yang dibuat sebagai teknologi dengan menggunakan proses decode berkecepatan tinggi.
QR Code lebih banyak digunakan di Jepang, bahkan sekarang banyak dari mereka yang menggunakan teknologi handphone berkamera untuk memindai kode.

Awalnya QR Code dibuat untuk memindai hasil produksi di perusahaan manufacture. Namun seiring perkembangan jaman, teknologi ini semakin ditujukan untuk kepentingan komersial. QR Code mengandung sebuah alamat, teks ataupun URL yang bisa langsung dibaca menggunakan software QR Code Reader khusus. Di beberapa aplikasi bahkan bisa mengarahkan pengguna langsung ke situs yang tercantum dalam QR Code ini.

Kita bisa melihat banyak penggunaan QR Code ini di majalah, tempat umum seperti museum, bis dan terminal, ataupun di papan - papan iklan. Namun namanya juga Indonesia, walaupun teknologi ini sudah 15 tahun tercipta, kita baru terbiasa dengan "penampakan" kode ini di Harian Kompas belakangan terakhir.

Lalu apa manfaatnya untuk kita semua dalam kehidupan sehari - hari? Semua tergantung kebutuhan dan kreatifitas anda. Di kesempatan ini saya mencoba memanfaatkan QR Code sebagai kode untuk memudahkan anda membaca dan membookmark seluruh artikel di blog ini. Jadi anda yang telah memiliki QR Code Reader di ponsel bisa langsung mencapture informasi yang saya sediakan tanpa repot - repot lagi.

Okay, petunjuk awal adalah mensetup ponsel anda agar bisa membaca QR CODE :
1. Buka situs berikut ini :
- QuickMark, atau
- i-nigma
2. Download salah satu aplikasi reader dari vendor tersebut, dan pastikan tipe dan merk ponsel anda telah support
3. Install ke ponsel anda, dan lakukan pengetesan dengan membaca QR Code di blog ini. Jangan lupa beri jarak sekitar 5-10cm dari monitor setiap melakukan pemotretan QR Code.
4. Tralalala Trilili...seharusnya sekarang anda sudah bisa membaca QR Code dari ponsel!
Anda tidak memiliki ponsel berkamera? Tenaang. Anda masih bisa menjajal teknologi QR Code ini kok. Caranya gampang :
1. Buka situs : http://zxing.org/w/decode.jspx
2. Tulis alamat URL image yang mengandung QR CODE dan klik Submit Query,
atau sudah punya image QR Code di harddisk anda? Langsung aja klik tombol Browse dan cari file image tersebut di harddisk anda, lalu klik tombol Submit Query.
3. Yipiii...sekarang image tadi sudah didecode dan anda sudah bisa membaca informasi didalamnya.

Hmm, cukup mudah bukan? Lalu bagaimana caranya untuk membuat QR Code seperti itu?

Sekarang ini sudah ada banyak class PHP yang menyediakan fungsi menggenerate QR Code berdasarkan text dengan menggunakan library GD. Namun tampaknya akan cukup memusingkan untuk anda yang non programmer.

Nah, simplenya anda bisa menggunakan salah satu situs dibawah ini untuk menggenerate QR Code anda sendiri :

http://zxing.appspot.com/generator/
http://qrcode.kaywa.com/
http://www.snapmaze.com/
http://www.mobile-barcodes.com/qr-code-generator/
http://www.qrstuff.com/

Tinggal masukkan teks anda sendiri, lalu generate. Tidak perlu menunggu lama dan QR Code anda langsung tersedia. Bisa langsung di cetak, ditempel di cangkir, undangan, kartu nama, stiker, atau kaos. Seru kan!

Bayangkan jika suatu hari banyak orang yang menggunakan QR Code ini di kaos mereka. Anda tidak perlu lagi repot - repot tanya nama dan nomor ponselnya. Cukup dekati dan Klik!

Kelemahannya :
Semakin panjang TEKS / URL / KONTEN maka image akan semakin lebar dan dibutuhkan kamera beresolusi tinggi untuk bisa membaca setiap tanda dengan detil. Saya sudah mencoba beberapa kali dan sering gagal ketika membaca kode dikarenakan konten yang saya buat terlalu panjang dan kualitas kamera hp yang kurang bagus.

Jadi saran saya, aturlah agar TEKS / KONTEN anda SINGKAT, TEPAT dan JELAS. Atau gunakan layanan URL SHORTTEN seperti tinyurl.com / bat.am / bit.ly untuk meringkas URL yang panjang.

Selamat Mencoba

6 komentar:

herip on mangkraks blog mengatakan...

ou ternyata gitu ya???

great info bos.

pengen ikut review, tapi q baru aja ngeblog, gak paham dalamnya domain n hosting. kalau ditukar mentahnya boleh gak bos????

Hanif IM mengatakan...

http://backtwogreen.blogspot.com/

wah, ternyata tehnologi begitu maju yah, baru tau aQ klo begitu mksdnya,, hehe

Bachabe mengatakan...

wach mantap sob informasinya sukses selalu

Judotens Maulid Budiarto mengatakan...

@hanif : iya padahal uda lama ada, tp di indo baru baru ini aja

Lewi mengatakan...

Do, bikin buat nucleuscms doong :D
lagian iseng banget lo pake qr codes, tapi emang keren seh do, jadi kesannya berkelas :p


http://indiestyle.us

Judotens Maulid Budiarto mengatakan...

tenang wi, ntar gw update artikel bikin short url.

kmarenan juga ada yg minta dari bln bulan juli, cm gw belum sempet nulis aja,hehehe